Khasiat Berolahraga Pagi Hari

Jenis olahraga pagi yang mudah dan menyehatkan, dapatkan manfaatnya. Olahraga adalah salah satu jenis aktivitas yang dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Jenis olahraga pun bermacam-macam, mulai dari olahraga ringan seperti jalan santai, jogging, senam sampai dengan olahraga berat seperti lari cepat, lari jarak jauh, angkat besi dan sebagainya. Selain itu, rutin berolahraga juga dapat membuat tubuh menjadi lebih lentur dan menghilangkan rasa kaku serta tegang pada otot. Oleh karena itu, olahraga merupakan hal wajib yang perlu dilakukan secara rutin dan teratur sehingga tubuh akan selalu fit dan tidak mudah sakit. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai olahraga pagi yang mudah dan menyehatkan. Bagi anda yang sibuk dengan rutinitas sehari-hari dan tidak ada waktu untuk berolahraga, anda dapat melakukan beberapa tips olahraga sederhana yang tidak akan menyita banyak waktu. Berikut ini beberapa olahraga yang dapat anda lakukan disela-sela kesibukan anda sehari-hari.

Manfaat Olahraga di Pagi Hari

  1. Salah satu manfaat utama adalah ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah siklus 24 jam dalam perubahan mental, fisik dan perilaku, yang merespon terhadap cahaya dan kegelapan. Ritme ini membantu untuk tubuh agar rileks dan menjaga fungsi detak jantung teratur.
  2. Kegiatan fisik yang kita lakukan memberi tekanan pada sendi tubuh, meski olahraga tidak dapat mencegah atau menyembuhkan osteoporosis. Berjalan, lari, jogging dan senam adalah olahraga yang dapat dilakukan sebagai pemula.
  3. Penelitian menunjukkan olahraga seperti berjalan kaki, jalan cepat, berenang dan jogging membantu menjaga kadar kolesterol. Kadar kolesterol memainkan peran penting sehubungan dengan tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, stroke dan lainnya. Selain itu juga mengatur kadar gula darah sehingga mengurangi risiko terkena diabetes. Ini adalah fakta yang terbukti secara medis bahwa orang-orang yang tidak begitu aktif akan lebih mudah terkena risiko penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang aktif secara fisik.
  4. Lemak tidak lain hanyalah kalori berlebih yang akan disimpan dalam tubuh kita. Dengan berolahraga dapat membantu membakar kalori, mengurangi jumlah lemak yang disimpan dalam tubuh kita.
  5. Tubuh yang sehat adalah pikiran yang rileks dan nyaman. Ketika kita berolahraga di pagi hari, paru-paru kita dipompa dengan udara yang segar dan bersih. Lebih banyak oksigen dalam darah kita merangsang otak yang membantu untuk meningkatkan kesehatan mental, menyegarkan pikiran dan tubuh, dan meningkatkan tingkat kebugaran fisik kita. Pada umumnya orang yang tidak aktif lebih rentan menderita depresi dan rendah diri.

Post by : Obat Pendarahan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: