Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

Jambu biji sangat umum di negara-negara Asia, buah yang mirip buah pir ini biasanya musiman. Berkulit hijau atau kuning saat masak, dengan daging putih atau merah marun dan banyak terdapat biji kecil namun rasanya sangat lembut dan manis. Jambu biji bisa dimakan mentah, atau dalam bentuk selai dan jeli. Jambu biji rendah lemak dan kalori , dan  mengandung beberapa macam vitamin penting, mineral, dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid, yaitu  senyawa yang penting untuk pencegahan kanker, anti-penuaan, meningkatkan kekebalan tubuh, dll.

Jambu biji-buah adalah sumber antioksidan vitamin-C.

Buah jambu segar sebanyak 100 gram mengandung 228 mg vitamin C, lebih dari tiga kali DRI (asupan harian yang disarankan). Kulit luar jambu yang tebal mengandung vitamin C lebih tinggi dibandingkan dengan daging buahnya. Studi ilmiah menunjukkan bahwa konsumsi rutin buah-buahan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh meningkatkan kekebalan terhadap agen infeksi dan mengurangi  dampak radikal bebas berbahaya penyebab kanker dari tubuh. Selanjutnya, vitamin C diperlukan untuk pembentukan kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein struktural utama dalam tubuh manusia,  yang diperlukan untuk menjaga integritas pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang.

Sumber vitamin A dan flavonoid

Buah jambu juga sumber vitamin-A, dan flavonoid seperti beta-karoten, likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa-senyawa ini dikenal memiliki sifat antioksidan,  dan sangat penting untuk kesehatan. Vitamin A  diperlukan tubuh untuk menjaga selaput lendir dan kulit gara tetap sehat. Buah jambu segar alami kaya akan karoten,  yang dikenal untuk melindungi dari paru-paru dan kanker rongga mulut. 100 g buah jambu biji merah muda mengandung 5204 mg likopen, hampir dua kali lipat jumlahnya dari yang terdapat pada tomat. (100 g tomat mengandung lycopene 2573 ug). Studi menunjukkan bahwa likopen dalam jambu biji merah mencegah kerusakan kulit dari sinar UV , juga memberikan perlindungan dari kanker prostat.

Kandungan gizi dan nutrisi jambu biji lebih detail

Jambu biji (Psidium guajava), segar, Nilai gizi per 100 g.

Energi 68 Kcal 3,5%
Karbohidrat 14,3 g 11,5%
Protein 2,55 g 5%
Total Lemak 0.95 g 3%
Kolesterol 0 mg 0%
Diet Serat 5,4 g 14%
Vitamin
Folat 49 mg 12,5%
Niacin 1,084 mg 7%
Asam pantotenat 0.451 mg 9%
Pyridoxine 0.110 mg 8,5%
Riboflavin 0.040 mg 3%
Thiamin 0.067 mg 5,5%
Vitamin A 624 IU 21%
Vitamin C 228 mg 396%
Vitamin E 0,73 mg 5%
Vitamin K 2,6 mg 2%
Elektrolit
Sodium 2 mg 0%
Kalium 417 mg 9%
Mineral
Kalsium 18 mg 2%
Tembaga 0.230 mg 2,5%
Besi 0,26 mg 3%
Magnesium 22 mg 5,5%
Mangan 0.150 mg 6,5%
Fosfor 11 mg 2%
Selenium 0,6 mcg 1%
Zinc 0.23 mg 2%
Karoten-ß 374 mg –
Crypto-xanthin-ß 0 mg –
Lycopene 5204 mg –

Memilih dan menyimpan jambu biji

Buah jambu yang paling enak tentunya yang masak pohon, namun Seringkali buah diambil saat masih hijau, tapi akan matang setelah dibiarkan pada suhu kamar. Jambu biji yang sudah masak memiliki karakteristik warna dan aroma. Jika membeli buah jambu segar ditoko,  pilihlah yang  kulitnya utuh tanpa lukaatau memar. Buah jambu yang dibungkus dengan kertas bersama dengan pisang atau apel akan membuatnya cepat matang. Cuci dengan air dingin yang mengalir untuk menghilangkan debu atau sisa insektisida . Jambu Matang segar sangat baik jika dikonsumsi bersama dengan kulitnya.

Post by : Obat Pendarahan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: